Thanks a lot

Berbicara tentang pertemanan, kita akan mendapatkan banyak tema yang mengasyikkan untuk dijadikan cerita yang menarik. Tulisan ini menceritakan seorang teman yang sudah sedekat sahabat bahkan saudara. Namun kami belum pernah bertemu secara fisik. Yang pasti, kami sama-sama penyintas kanker.

Saya tahu persis bahwa bayang-bayang maut selalu diteriakkan oleh banyak pihak yang berkepentingan dengan urusan kanker. Benar atau tidak, kenyataannya kebanyakan dari kami menjadi pesimis dan berujung maut dalam berjuang melawan kanker.

Saya menemui sahabat yang satu ini kurang lebih tujuh bulan yang lalu  juga dalam kondisi crisis blast. Istilah awamnya menjelang ajal. Bahasa bijaknya para ahli medis “Memang begitu tahapannya….banyak-banyak berdo’a saja, minta yang terbaik sama Tuhan”. Sungguh menyentil telinga saya.

Dalam kondisi apapun, HIDUP INI MASIH LAYAK DIPERJUANGKAN.

Pendek cerita, sahabat saya yang sudah dibilang tinggal menunggu waktu itu tenyata masih hidup hingga saat ini. Kami sering bertengkar, berdiskusi, bercanda dan juga saling memaksakan kehendak untuk sebuah kebaikan. Termasuk saya memaksanya untuk enema kopi dan bertemu dengan Pakde Omri Samosir. Ha-ha ha ha. Dia penderita leukimia yang survive lebih dari 5 tahun. Dia sudah mulai membangun bisnis baru untuk membantu isteri setianya yang selama ini sangat luar biasa berjuang bersamanya. Dia juga yang menghadiahi saya blog ini (karena tidak mempan memaksa saya membuat blog, memang!).

Dia adalah M. Rosyid.

Saya yakin banyak diantara teman penyintas kanker yang mengenalnya dengan nama beken Oce Kojiro.

Saya tidak mampu membalas semua kebaikannya pada saya kecuali dengan seucap kata “Terima Kasih Kang Oce!”

Untuk semua teman penyintas kanker dan juga keluarganya, saya juga mengucapkan terima kasih atas terjalinnya hubungan baik selama ini.

Thanks a lot !!!

3 responses

4 06 2010
HALAMAN PUTIH

Ayah saya juga kena kanker mbak, sudah stadium 4. Sekarang beliau telah tiada, tapi saya tahu perjuangan ayah sangat besar untuk tetap bertahan. Kami sekeluarga tetap berdoa dan optimis memperjuangkan kesembuhan beliau. Semangatnya begitu tinggi untuk tetap berjuang melakukan pengobatan dan terapi. Hanya saja karena kondisi fisik yang lemah maka ayah tak mampu bertahan dalam kemoterapi yang kedua.

Saya sangat setuju bahwa dalam kondisi apapun, HIDUP MASIH LAYAK BAHKAN TETAP LAYAK UNTUK DIPERJUANGKAN. Karena, itu sudah kami lakukan demi memperjuangkan kesembuhan ayah tercinta.

Salam,
HALAMAN PUTIH

5 06 2010
Sahabat Yogya

Hiii Halaman Putih, thanks ya udah mampir ke sini.
Iya…bicara tentang kanker begitu dekat dengan kematian. Kanker begitu banyak merengut nyawa orang-orang yang kukenal.
Bicara tentang penanganan medis untuk kanker pun terkadang membuat nyali menciut. Karenanya…sejak berkenalan dengan kanker di tahun 2006, saya melangkah mundur untuk introspeksi tentang “apa? dan bagaimana?” kanker dapat dikendalikan dengan baik. Saya sangat senang jika Halaman Putih yang memiliki latar belakang Perjuangan Hidup dengan kanker juga tidak mengubur begitu saja pengalaman itu. Kita gali bersama, kita bagikan pada orang lain, orang-orang dekat kita…dan lebih jauh harapan saya, mari kita bergandengan tangan untuk peduli sesama, saling menguatkan dan bertukar informasi.

@Tentang kepergian ayah…saya meyakini itu jalan Tuhan yang terbaik.Banyak juga kawan yang pergi dalam menjalani kemoterapi. Ini berat. Saya menjalani 10 paket (per paket 3 putaran). Sampai sekarang saya TRAUMA. Bahkan saya sangat ekstrim. Kalo bisa jangan kemoterapi ha ha ha….Ok kawan. Saya sangat terbuka untuk diskusi banyak….tentang Bagaimana Hidup (dengan kanker)! Thanks a lot.

19 07 2014
varadiba kristiansyah

mbak aku juga pernah leukimia. dirawat di dharmais. waktu itu aku masih sekolah kelas 2sma. aku cuti selama 4bulan dr sekolah. sekarang sudah sembuh dan aku sekarang sudah 18 tahun dan akan kuliah🙂 kanker tidak selamanya buruk. jadikanlah sebuah pengalaman dan pembelajaran saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: