Persahabatan Kami…

22 08 2010

 

Persahabatan sesama penyintas kanker terasa begitu dekat, begitu indah dan yang pasti perasaan senasiblah yang mengikat kuat persahabatan kami.  Tak jarang di antara kami belum pernah bertatap muka dan atau bertemu langsung. Namun siapa yang menyangka bahwa hati kami begitu dekat. Sms-an, kring-kring lewat telfon, email, bahkan kirim-kiriman paket pun terjadi dan terus berlangsung. Tidak hanya itu, jika di antara kami ada yang berpulang ke rumah Tuhan…air mata ini mengalir deras.

Kepergian seorang sahabat penyintas kanker pun bergulir….satu per satu…dan keluarga mereka pun menyatu menjadi bagian dari hubungan kedekatan kami yang telah terlibas maut.

Saat ini…saya menyadari beberapa sahabat yang selama ini kontak melalui dunia maya tapi begitu dekat di hati….sedang dalam kondisi yang tidak baik. Termasuk saya mengakui beberapa hari ini saya pun flare-ups cukup berat. Kami saling memompa semangat satu sama lain dengan harapan yang terkadang juga terhempas dan tersudutkan.

Bahkan….

Beberapa di antara kami sudah tidak ingin lagi menyentuh dunia medis, meski hanya sekedar tes laboratorium (termasuk saya).

Mengapa?

Kami sangat hafal bahwa perjalanan penyakit kanker yang sudah bertahun-tahun menyatu dalam ritme kehidupan kami sungguh telah mengajari kami bagaimana untuk tahu dan tidak tahu bahkan tidak mau tahu lagi apa yang terjadi pada diri ini. Kami saling mengingatkan dan menyadari akan hal itu.

Saya memberikan permakluman bahwa ada saatnya kami pun lelah…(jangan dibaca putus asa) 

Di sini…kali ini…saya ingin menyampaikan rasa yang begitu pahit harus saya telan, bahwa beberapa diantara kami sedang dalam kondisi yang sangat buruk. Dan saya sangat menghargai pilihan sahabat-sahabat saya para penyintas kanker yang memilih untuk berada di dekat keluarga dan orang-orang yang dicintainya, meski ada di antara kita yang mungkin akan dengan lantang mengatakan “…kondisi kritis kok didiemin saja!”

Itulah kami, itulah persahabatan kami….di antara kami ada benang merah yang sangat jelas dan nyata bahwa kami menghargai apapun pilihan pengobatan yang ditempuh dengan segala konsekwensinya. Termasuk kami menghargai para sahabat  penyintas kanker yang memutuskan untuk menerima saja apa adanya kanker yang menggerogoti tubuh.

Teriring do’a yang tulus dari hati di bulan Ramadhan yang penuh kasih dan cintaNya ini untuk beberapa sahabat penyintas kanker yang benar-benar dalam kondisi sulit. Semoga Tuhan senantiasa menghujani mukjizat bagi kita semua, amin.

Much luv,

Siti Aniroh


Actions

Information

4 responses

22 08 2010
ocekojiro

Lagi lagi… Sy merasa tulisan dan doa doa ini ditujukan buatku, buat Siti Nuryani dan juga sahabat2 yg belum pernah aku jumpai dlm kehidupan nyata.
Terimakasih atas kepedulianmu sahabat, terutama telah mengajarkanku agar tak pernah mengeluh, meskipun kondisi kita sedang sangat buruk.
Btw, si Jeliteng yg pake blangkon itu gagah juga ya… mirip mboke (meskipun belom liat aslinya), he he…

26 08 2010
sitinuryani

mbake tetep semangat yah……pantang menyerah dan jgn bandel kyk aku n bocah gemblung…..

kalo aku bandel gpp mba krn biar kebal n kapok tuh CA jd khan lama2 dia bosen diharapkan dia jd menghindar deh….hi hi hi

maturnuwun sanget mba atas semua nya……ku hanya bisa mblsnya dengan doa tulus aja…mo ngebales ama benalu sirsak ngk punya kebon mba….he he he

27 08 2010
Sahabat Yogya

@ Kang Oce…ha ha ha bukankan kita sepakat memiliki 2 mata panah yang sama tajamnya? Menyemangati orang, juga menyemangati diri sendiri, mendo’akan orang juga mendo’akan diri sendiri. Yang tersulit kan membuat kompromi antara fisik, hati dan otak!
Yang pake blangkon itu….sapa ya mbokne? yang jelas mbokne ayu tenan wakakakakak…..

@Mbakyu Kekem
Sesama orang gemblung dilarang saling mengejek ha ha ha ha kalo nggak gendeng nggak bakalan enema sampai 8x sehari (kurang kerjaan kaleee….) ha ha ha kalo ceritanya ditulis, ntar saingan ama Laskar Pelangi yang berubah judul jadi Laskar Enema wakakakak

29 08 2010
sitinuryani

met kangen2 an yah……asyik loh bang toyibnya dah dateng skg…he he he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: