Tangan Emas

20 07 2010

 

Untuk kalangan perempuan (seperti saya he he he) pasti sangat bahagia jika mendapat hadiah dari kekasih hati. Terlebih hadiahnya itu “emas murni” ha ha ha (ketauan cewek matre).

Bicara tentang emas yang berkilauan, di kalangan penyintas kanker khususnya kanker payudara yang pernah melakoni tindakan mastektomi ada sebutan “tangan emas”. He he he….Karena saya mastektomi untuk payudara sebelah kiri, maka tangan kiri saya adalah tangan emas. Waduuuh….asyik dong punya tangan emas, kalo nggak punya uang bisa dijual ha ha ha ha ha…

Mengapa disebut tangan emas? Karena kami menjaganya ekstra hati-hati untuk menghindari pembengkakan (Limfedema). Dengan tetap berbaik sangka pada Tuhan, tangan yang bengkak dan mengeras tetap saya nilai positif.  Hadiah yang indah dari-Nya….

Pembengkakan sangat mungkin disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah:  

  1. Penekanan kanker pada saluran getah bening yang mengakibatkan terjadinya sumbatan.
  2. Efek samping dari terapi (operasi, kemoterapi dan atau radiasi) yang dilakukan pasien, yaitu rusaknya sistem limfatik.

Bagaimana Menghindari Pembengkakan ?

  1. Pasca operasi, pastikan luka sudah kering dan tidak ada cairan di sekitar luka operasi;
  2. Biasakan diri dengan disiplin untuk menggerakkan tangan dan memposisikan lengan lebih tinggi dari badan pada saat tidur atau berbaring (anda bisa memakai bantal di sebelah kanan/kiri kita);
  3. Berlatihlah setiap hari dengan perlahan dan bertahap untuk memastikan bahwa tangan kita tetap berfungsi normal;
  4. Tidak membawa beban berat seperti tas di bahu lengan payudara yang dioperasi;
  5. Jangan menggunakan porthese  yang terlalu besar/berat;
  6. Jika terpaksa anda harus melakukan pemeriksaan tekanan darah, jangan menggunakan lengan tersebut, termasuk juga tidak memasang jarum infus pada lengan tersebut;
  7. Jika tubuh sudah stabil, bermain trampoline sedikitnya 2 menit setiap sesi dan dilakukan 3 kali sehari untuk menghindari gangguan sistem limfatik tubuh kita.

Semoga informasi yang saya tulis dapat bermanfaat mengingat tangan emas ini dapat menjadi malapetaka jika tidak tertangani dengan baik.

Sekali lagi mengapa kami menyebutnya tangan emas? Karena limfedema sangat mungkin muncul kapan saja. Bisa jadi seketika pasca operasi, bisa jadi 3 tahun setelahnya (contohnya saya pribadi) he he he….bandel! Bahkan ada yang telah melewati 5 tahun…he he

By Siti Aniroh


Actions

Information

7 responses

20 07 2010
ocekojiro

Pernah denger sih istilah ‘tangan emas’ tapi baru sekarang tahu artinya. Semoga tidak membuat kecut nyali siapapun yang ‘harus’ menjalani operasi/mastektomi, karena mbak Ani yang telah memiliki tanga emas itupun masih bisa off road atau rally kota Jogja-Kaliurang setiap hari guna mengantar jemput buah hati tercinta.

20 07 2010
sitinuryani

tuh kalo ngomong di sini waras neh bocah….tp kalo dah ketempat aku kenapa jd kumat yah….

tanpa di operasi juga aku sering mengalaminya…karena payudara yg kena sebelah kanan mk tangan kananku beberapa bulan terakhir ini terjd bengkak di pangkal ketiak dan susah tuk di gerakkan………tp setelah minum keladi tikus dan umbi dewa berasa agak lumayan deh

21 07 2010
antopurwanto

Terima kasih mbak.
artikelnya mengingatkan kembali walaupun tumor/CA sudah dioperasi (bahkan setelah bertahun2), kita memang harus tetap menjaganya…

21 07 2010
Sahabat Yogya

@ Kang Oce
Offroad karena terpaksa nggak mampu bayar sopir wakakakakak….terpaksanya lagi ngangkat handrem tangan kanan hua ha ha ha…

@Mbakyu Siti
Emang nggak dikasih resep “rambut jagung” atau “daun ular” sama Kang Oce? minta dong!!! Emang Kang Oce itu suka kumat (gilanya) ha ha ha karena dia nggak transfusi darah, makanya sakaw minum darah biru ha ha ha ha. Coba kalo transfusi darah merah, langsung waras, jangan diambil hati!

@Pak Anto
Iya betul, dengan kesadaran sendiri mesti menjaganya, soalnya risiko tanggung sendiri ha ha ha ha…jangan bandel kayak saya! Gara-gara limfedema mesti fisiotherapi sendiri 2 minggu full nggak pakai absen ha ha ha

21 07 2010
sitinuryani

kalo gitu diambil jantung aza deh…..wwwkkww

22 07 2010
angga erlangga

waduh kyanya klo punya tangan emas bisa di jual tuch..
hehehhehhhheeee…:mrgreen:

13 08 2010
bundadontworry

Baru sekarang faham akan istilah ‘tangan emas’ ini, Ani.
terimakasih utk infonya yang bermanfaat ini.
Selalu sehat ya Ani sayang.
love u always🙂
salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: